Total Tayangan Halaman

Selasa, 01 Februari 2011

Fakta Terbaru Benua Antartika

Gadis Aksi














Berita tentang pemanasan global seringkali dihubungkan dengan kondisi benua yang pertama kali ditemukan pada tahun 1820 ini. Maklum, Antartika yang dianggap punya 90% cadangan es dunia ini, mengalami percepatan mencairnya es sampai dengan 25%. Itu artinya, dunia harus bersiap-siap, karena permukaan air laut bakal naik sampai 5,2 cm. Hiks….Apa saja sih, fakta terbaru dari tempat tinggal Penguin Emperor ini?

Pernah dengar, kan kalau lapisan ozon kita ini sudah bolong sejak beberapa puluh tahun lalu, dan sudah dilakukan perbaikan sejak tahun 1983? Tapi, meskipun lapisan ozon itu sedikit terpulihkan, ternyata permukaan bumi masih menyerap radiasi ultraviolet. Hasilnya, suhu di Antartika naik sebanyak 2,5ºC selama sekitar 50 tahun.

Akibat pemanasan ini, suhu di Antartika pernah mencapai 9ºC, dan ini menyebabkan banyaknya gunung es yang meleleh, bahkan pecah. Kasus terakhir yang cukup bikin heboh yaitu saat ada patahan es sebesar 2x luas Hong Kong hanyut menuju ke perairan Australia. Karena adanya pecahan itu, pemerintah setempat mengeluarkan peringatan bagi pelayaran di Australia.

Ketebalan es juga berkurang karena adanya pemanasan global. Contohnya, pulau Signey, lapisan esnya berkurang sebanyak 45% selama 60 tahun terakhir ini.

Salah satu lapisan es yang terkenal di Antartika adalah Larsen B. Lapisan ini sudah mencair dan hilang sebanyak 3.250 km² selama 50 tahun terakhir. Begitu pula dengan lapisan es Wilkins yang pecah pada tahun 2008.

Yang paling bikin miris tentu saja populasi binatang yang tinggal di benua Antartika ini. Sebagai contoh, populasi Penguin Adelie berkurang sebanyak 33% selama 25 tahun terakhir. Sedih, ya…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar