Total Tayangan Halaman

Sabtu, 12 Maret 2011

Ne-Yo

Ne-Yo
Shaffer Chimere Smith Jr
Laki-Laki
Camden, Arkansas18 Oktober 1979







Biografi :

Lahir pada 18 Oktober 1979 lalu, bintang R&B satu ini memang tak kenal menyerah. Ia harus melewati banyak rintangan dan cobaan selama perjalanan karirnya di industri musik dunia. Sejak debut pertamanya, Ne-Yo yang bernama asli Shaffer Chimere Smith Jr sudah menarik perhatian dan bertengger di lima besar daftar lagu Billboard Hot 100. Album pertamanya, IN MY OWN WORDS juga berhasil menduduki puncak Billboard 200 di tahun 2006.

Ne-Yo dilahirkan di Camden, Arkansas. Ia lalu dibaptis dengan nama Shaffer Chimere Smith. Ayahnya seorang campuran Afrika-Amerika, sedangkan ibunya memiliki darah Afrika-Amerika serta China. Lantaran punya bakat musisi dari kedua orang tuanya, Ne-Yotumbuh di tengah dunia musik.

Bersama sang ibu - yang telah berpisah dari ayahnya, Ne-Yo kemudian dibawa ke Las Vegas, Nevada. Dan selama duduk di bangku SMA, ia bergabung dengan grup R&B bernama Envy serta mengganti nama panggungnya menjadi GoGo. Sayangnya grup ini bubar di tahun 2000. Pun begitu, Ne-Yo tetap berkarya dengan menulis lagu untuk artis lainnya sebelum akhirnya memulai bersolo karir.

Setelah itu, Ne-Yo sempat dilirik oleh Columbia Records untuk menandatangani kontrak. Namun setelah merekam album pertamanya, ia malah didepak dari label sebelum album itu berhasil dirilis. Untung saja, dewi keberuntungan masih bersamanya. Penyanyi Amerika, Marques Houston, yang mendengar lagu Ne-Yo berjudul That Girl, langsung jatuh cinta. Ia lalu merekam lagu tersebut dan memasukkannya ke album MH miliknya di tahun 2003. Dan sejak lagu ini diluncurkan ke publik, Ne-Yo langsung dikenal sebagai penulis lagu ternama.

Dua tahun kemudian, Ne-Yo masih tetap menulis lagu. Beberapa artis menggaetnya untuk menjadi pecipta lagu mereka seperti Teedra MosesChristina Milian (It's About Time), boyband Amerika YoungstownMary J BligeB2KFaith EvansMusiq, dan lainnya. Namun Ne-Yo baru benar-benar dikenal setelah karyanya, Let Me Love You yang dinyanyikan Mario menembus puncak Billboard Hot 100 dan bertengger selama 9 minggu!

Tak lama kemudian, Tina Davis - mantan representatif A&R untuk Def Jam Recordings menyusun pertemuan informal dengannya di bawah label L.A. Reid. Sayangnya ia belum tertarik. Hingga akhirnya ia mau digaet Jay Z, yang kemudian menjadi CEO Def Jam.

Nama Ne-Yo punya sejarah sendiri. Awalnya dari guyonan mantan produsernya, Big D Evans, yang mengklaim bahwa Ne-Yo melihat musik sebagai 'Neo sees the Matrix'. Dari situ, Evans mulai memanggilnya dengan nama Ne-Yo, sampai akhirnya semua orang terbiasa memanggilnya seperti itu.

Di bawah bendera Def Jam, Ne-Yo akhirnya meluncurkan album perdananya bertajuk IN MY OWN WORDS (2006) dengan single So Sick. Kemudian di tahun 2007, ia melanjutkan album BECAUSE OF YOU yang menjadi tiga besar album terfavorit di Amerika. Album ini juga mendapat predikat Best Contemporary R&B Album di Grammy Awards. Tahun 2008, Ne-Yo kembali merilis album ketiga, YEAR OF THE GENTLEMANyang mengandalkan Closer dan Miss Independent - di mana ia meraih Grammy Awards untuk kategori Best Male R&B Vocal Performance dan Best R&B Song. Dan yang terakhir pada tahun 2010, Ne-Yo kembali merilis album baru bertajuk LIBRA SCALE dengan hits andalan Hot N Fun featuring Nelly Furtado. Menariknya, Indonesia akan menjadi negara pertama untuk promo album ini di Istora Senayan Jakarta, 22 Januari 2011 - lewat tangan dingin Sentra Live.

Saat ini, selain menjadi penyanyi dan penulis lagu pop dan R&B, Ne-Yo juga dikenal sebagai produser rekaman, penari, dan aktor.

DISKOGRAFI:
1. IN MY OWN WORDS (2006)
2. BECAUSE OF YOU (2007)
3. YEAR OF THE GENTLEMAN (2008)
4. LIBRA SCALE (2010)

FILMOGRAFI:
1. SAVE THE LAST DANCE (2007)
2. STOMP THE YARD (2007)
3. RED TAILS (2010 - Post Production)
4. BATTLE: LOS ANGELES (2011 - Filming)
5. 4CHOSEN (2011 - Pre Production)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar